RULIS dan STKIP PGRI Sumenep Adakan Workshop Pentigraf


Crew Rumah Literasi Sumenep
 Rumah Literasi Sumenep (Rulis) bekerjasama dengan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Sekilah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumenep akan selenggaran Workshop Pentigraf, Sabtu, 21 September 2019 nanti.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan (MoU) yang disepakati beberapa tahun lalu.

Memilih Pentigraf (Cerita Tiga Praragraf) sebagai materi workshop akan menjali pengalaman baru bagi peserta, karena sastra genre ini baru tahun 2017 diperkenalkan oleh salah seorang sastrawan Tengsoe Tjahjono.

Workshop yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri Prof. Dr. Tengsoe Tjahjono, M.Pd,  Ketua Prodi S2 Bahasa & Sastra Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, seorang sastrawan dan penggagas lahirnya pentigraf.

Peserta akan diikuti oleh para guru, mahasiswa dan masyarakat yang ingin belajar dan mengenal pentigraf.

“Kita disni ingin memperkenalkan tren baru dalam penulisan cerita, hingga nanti mahasiswa kami bisa banyak belajar dan mengenal karya sastra seperti pentigraf. Selama ini mereka lebih fokus mengenal karya sastra seperti puisi, cerpen, novel dan lainnya”, ujar  ketua Prodi BSI STKIP PGRI Sumeneo, Tika Suhartatik.

Hal ini juga disepakati oleh Ketua Rulis, Lilik Rosida Irmawati, menyebutkan, pentigraf memang belum membumi dibanding karya sastra yang lain. “Nah, itulah selain melibatkan mahasiwa diharapkan para guru bisa mengikuti workshop ini.

“Mengenal dan belajar workshop bagi guru itu penting, karena dalam penerapan tugas mengarang bagi siswa, pentigraf memiliki teknis yang sederna. Ya tolak ukurnya  dari jumlah paragraf, yang hanya tiga paragrah tanpa harus mengurangi nilai karya,” ungkapnya.

Workshop ini akan digelar di gedung Graha Mahasiswa STKIP PGRI Sumenep pada pagi sampai siang hari.

Yang berminat bisa menghubungi: Lilik Rosida Irmawati, (Rumah Literasi Sumenep) Perumahan Pesona Satelit Blok O No. 9, SDN Pabian 1 Sumenep (0878 0553 3567), Yulianti, SMP Negeri 1 Dasuk (0852 3375 6662), Tika Suhartatik, Prodi BSI, STKIP PGRI Sumenep (0817 5218 828) dan  Taufiku, Desa Tarogan Lenteng/SDN Kapedi 2, Kec. Bluto Sumenep (0813 3422 0479)

Tentu bagi peserta dikenakan kontribusi Rp. 50.000,-, dengan fasilitas sertifikat dan makan siang (san)



Tulisan Terkait

Utama 4829432621464985981

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan Buku

Marlena Marlena Marlena Marlena Marlena terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kamar Pentigraf

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item