Rumah Literasi Sumenep Masuk 150 Finalis GRCC


Tim Juri sedang menilai esai dari seluruh peserta GRCC 2018 (foto: literasinusantara.com)
 Rumah Literasi Sumenep (RULIS) masuk kategori 150 finalis Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018 dari 850 Taman Baca atau Komunitas Baca dan/atau pendidikan dari seluruh Indonesia.

Profil RULIS yang dijaukan dalam bentuk esai berjudul “Rumah Keduaku Bernama Rulis”, tampaknya mendapat apresiasi dari Tim Juri GRCC yang disampaikan Mei lalu.

Ketua Rumah Literasi Sumenep, Lilik Rosida Irmawati sangat bangga, mengingat moment menjadi tantangan agar lebih kereatif para relawan Rulis menggerakan pikiran dan gagasannya untuk berbagi dalam memasayarakat literasi di tengah masyarakat.

“Harapan kami tentu agar nanti menjadi juara, hal ini menyangkut agar masyarakat makin percaya, bahwa kerja kami tidak main-main, tidak setengah hati, karena kerja Rulis merupakan tanggung tanggung jawab untuk mengubah mainset  untuk menjadi masyarakat literat”

Mulai Juli mendatang, kerja kami sangat padat karena harus memenuhi permintaan pembinaan, pelatihan dan pengembangan literasi di sejumlah lembaga di kecamatan, pelosok bahkan wilayah kepulauan. “Selain menambah program siaran kerjasama dengan Pro 1 RRI Sumenep, dalam mata acara “Istana Dongeng”, tambah Kepala SDN Pabian 1 Sumenep itu

Sebagaimana diumumkan  www.literasinusantara.com  bahwa  Tim juri dari PT Gramedia Asri Media telah menyeleksi esai seluruh peserta dengan ketat. Seluruh peserta memiliki kisah dan kontribusi yang besar dalam masyarakat disekitar mereka. Poin utama yang dijadikan penilaian kepada peserta kompetisi ini adalah konsistensi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas/taman baca, kreatifitas kegiatan yang mereka lakukan, dan manfaat kegiatan mereka untuk masyarakat sekitar. Setelah lolos tahap seleksi esai, para semifinalis akan langsung di survei oleh tim Gramedia.

Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 2016 dan secara rutin akan digelar 2 tahun sekali. Pada tahun ini, Gramedia membagi semifinalis GRCC 2018 menjadi 5 Regional sesuai wilayah asal mereka, yaitu :

1. Regional Sumatera
2. Regional Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat
3. Regional Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta
4. Regional Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan
5. Regional NTT, Sulawesi, dan Indonesia Timur
 

Tulisan Terkait

Utama 8160589979632231949

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item