Kostum Seragam Rulis, Jadikan Penyemangat Berliterasi

Kostum atau baju seragam / uniforms saat ini bukan hanya dikenakan oleh PNS, tentara atau murid sekolah saja, namun pakaian seragam s...



Kostum atau baju seragam / uniforms saat ini bukan hanya dikenakan oleh PNS, tentara atau murid sekolah saja, namun pakaian seragam sudah menjadi trend dan kebutuhan berbagai kalangan, komunitas, organisasi, instansi pemerintah maupun swasta. Seragam bukanlah pakaian kerja biasa namun menjadi komponen penting yang memiliki fungsi, nilai dan makna penting bagi anggota dan organisasinya.

Kenapa sih semakin banyak komunitas, organisasi dan instansi yang menerapkan aturan menggunakan seragam kerja? Seragam adalah seperangkat pakaian standar yang dikenakan oleh anggota, siswa atau karyawan suatu organisasi atau instansi sewaktu menjalankan aktivitasnya. Tentu ada alasan mengapa mereka menerapkan aturan mengenakan seragam bagi anggota atau karyawannya?

Ketua Rumah Literasi Sumenep (Rulis) Lilik Rosida Irmawati menyebut, seragam atau uniforms organisasi akan dikenakan pada saat beraktivitas organisasi. “Jadi ketika kita punya acara kegiatan, seragam akan menunjukkan indentitas sebagai anggora organisasi”.

“Mudah-mudahan dengan mengenakan seragam Rulis, teman-teman makin bersemangat untuk menggerakkan literasi,” ujarnya

Dalam alasan tertentu, pakaian seragam dapat simpulkan sebagai;

1) identitas atau tanda pengenal,  2) memberikan kesan pertama dimata customer atau relasi, 3) memberikan citra positif bagi suatu organisasi perusahaan, 4) menjadi media promosi suatu produk, 5) menumbuhkan rasa persatuan dan kekeluargaan diantara anggota atau karyawan suatu organisasi, 6) menjadi pakaian kebanggaan bagi pemakainya, 7) menjadikan kesan kesetaraan atau kedudukan yang sama sebagai anggota atau karyawan, 8) mampu menghapus kesenjangan status sosial dan ekonomi anggota atau karyawan, 9) memberikan efek efisiensi bagi anggota, 10) karyawan atau pelajar karena tidak perlu membeli busana yang berlebihan.

(syaf)

POSTING PILIHAN

Related

Ekspresi 4385744095776838738

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.
Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Eksaina

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kamar Pentigraf

 Lihat semua Kamar Pentigraf >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Telah Terbit

Telah terbit antologi cerita  pendek 

“Menjulang Matahari”

Cerpen ini ditulis oleh 30 orang penulis dengan latar peristiwa yang terjadi disekitar kehidupan penulisnya. Layak dimiliki dan dibaca dalam lingkungan keluarga

Rp. 45.000,-

 Pesan buku
 
item