Sisi Posisif dan Negatif Menjadi "Seorang Penulis"

Oleh  Moh. Rasul Mauludi

Di zaman yang serba canggih dan modern, manusia tidak bisa lepas dari yang namanya produk tehnologi, terutama Handphone (HP). Dengan HP semua kebutuhan hidup akan terpenuhi dengan berbagai macam aplikasi yang menjadi sarana pelayanan. Kemudian apa yang dipesan atau disampaikan akan terkirim seketika itu juga n diterima beberapa waktu kemudian (pengiriman).

Lain lagi halnya dengan segala macam bentuk curahan hati, nurani dan jiwa manusia. Kini tak perlu lagi harus bertemu dengan orang yang ingin diajak untuk menemani ataupun berbagi tentang kehidupan yang dialami dan terjadi. Tinggal pilih aplikasi yang diinginkan sesuai selera masing-masing.

HP telah membawa pada perubahan yang di satu sisi dikatakan sebagai sebuah kemajua zaman namun satu sisi lagi bisa dikatakan menghilangkan budaya kebersamaan. Dengan kata lain, HP bisa membuat penggunanya sibuk dengan sendirinya tanpa menghiraukan keberadaannya. Contoh kecil saja, disaat kita berkumpul dengan teman2 kita, baik itu santai atau serius sekalipun, disela-sela itu HP lah yang selalu membuat suasana tidak fokus.

Ketika kita melihat dan membaca "STATUS" berserakan di sosial media, kita bisa menilai dengan mudah bahwa pengguna itu lagi mencurahkan isi hatinya. Penulis hanya mencoba membatasi pada aplikasi facebook dan whatshap (tidak menafikan yang lain) , cobalah amati setiap status yang muncul di dua aplikasi tersebut. Kita akan melihat kalimat-kalimat dan kata-kata begitu mudah tumpah ruah dengan masing-maaing keinginannya yang tersimpan. Belum lagi gambar-gambar yang setiap detik berada dilokasi apa saja, begitu mudahnya juga mengumbar didinding-dinding dua aplikasi tersebut.

Sepertinya kita mau ber apa saja, tidak afdhol kalau tidak di upload di FB dan WA. Dan terasa sangat gatal kalau setiap moment apa saja dibiarkan begitu saja tanpa dipublikasikan ke FB dan WA. Entah kenapa dan mengapa harus "latah" seperti itu !?.
Menilai dan menyikapi fenomena jaman now, tentu dibutuhkan kejernihan berfikir dan kesadaran tingkat tinggi untuk bisa memahami dan terhindar dari dampak atau akibat yang tidak diinginkan. Yang jelas ada dua sisi yang muncul pada penggunaan tehnologi di zaman yang serba canggih ini. Ada sisi positif dan ada pula sisi negatifnya.

Sisi Positif

HP sangat berguna bagi kehidupan manusia sehari-harinya. Sebagai sarana ilmu, informasi dan kebutuhan lainnya. Selain sarana komunikasi, HP pun dimanfaatkan untuk segala urusan administrasi dan transformasi aplikasi pekerjaan serta tugas-tugas.

Pun juga memudahkan kita untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan. Namun hal ini dibutuhkan untuk tetap berhati-hati dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti penipuan dan kejahatan serta propaganda-propaganda hingga modus-modus.

Sisi Negatif

Bukan rahasia lagi, saat ini semua yang berkaitan dengan kejahatan tidak lepas dari peran media sosial. Kriminal, penyimpangan seksual, kekerasan dan sebagainya sering terjadi berawal dari lika-liku sosial media.

Kita tahu kejahatan terjadi karena ada kesempatan dan peluang yang dibuat oleh diri sendiri. Contoh kecil, kita upload bahwa kita berada ditempat mewah alias keren dengan menuliskan keterangan dibawahnya. Dengan seperi itu berarti kita secara tidak langsung memberitahu orang-orang yang berbuat jahat mengetahui posisi kita ada dimana. Nah disitulah kejahatan biasanya terjadi. Belum lagi yang lainnya, jadi haruslah jernih fikiran kita untuk memberi peluang dan kesempatan pada semua bentuk kejahatan. Artinya waspada dengan tidak terlalu latah pada kekinian.

Dengan uraian diatas, penulis bukan berarti sudah mampu menjadi yang terbaik dari fenomena yang ada, melainkan bagaimana kita semua harus terus belajar dari setiap perubahan zaman. Karena tidak ada sedikitpun kata terlambat bagi yang mau belajar.

Dan saya pribadi menggarisbawahi bahwa semua orang yang memiliki HP baik itu HP lawas maupun yang sudah canggih, semua sudah bisa menjadi "Seorang Penulis". Dan dunia tehnologi butuh tulisan yang tidak membingungkan apalagi membosankan. Tulisan yang ringan, aktual, akurat dan penuh dengan makna yang memberi semangat untuk hidup bisa lebih menikmati hidup adalah yang diharapkan. Jadi manfaatkanlah HP untuk menjadi penulis, meski tulisan itu sangat sederhana sekali. - Orang Pinggiran di Bengkel Pembebasan

Tulisan Terkait

Esai 1866331732867010268

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item