Menulis Adalah Salah Satu Kegiatan Menakjubkan

Kepercayaan diri adalah faktor yang menentukan apakah Anda menulis secara bebas, terbuka, dalam, serta jelas seperti yang Anda inginkan atau sama sekali tidak menulis.

Bila sebagai penulis Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah, pandangan Anda tentang tulisan Anda menjadi menyimpang. Anda menjadi sangat kritis, setiap kata atau frasa yang Anda pikir tidak terungkapkan dengan sempurna, Anda buang sebagai sesuatu yang tidak berguna. Segera setelah itu, kepercayaan diri Anda dalam menulis segala sesuatu yang bernilai -- yang sudah rapuh -- menjadi serapuh vas kristal yang indah. Bergeser sedikit saja, vas itu bisa jatuh ke lantai dan berserakan menjadi ribuan keping ....

Manfaat dari meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menulis sangatlah jelas dan dampaknya tidak hanya menyentuh tulisan itu sendiri. Ketika Anda lebih percaya diri, Anda menjadi lebih kreatif, ketika Anda lebih kreatif, Anda lebih bahagia, lebih tenang, dan lebih produktif.

Jadi, bagaimana Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menulis kreatif ketika rasanya sangat tidak mungkin untuk Anda lakukan?
Berikut lima tips utamanya.

1.    Pikirkanlah kembali saat-saat ketika Anda menulis bebas.

Saat-saat itu mungkin berlangsung selama berbulan-bulan atau beberapa menit, ikutilah apa yang muncul dalam pikiran Anda sebagai suatu kenangan yang kuat. Bawalah diri Anda kembali ke masa-masa itu dan lihatlah diri Anda sendiri sedang menulis. Seraplah setiap detail dari apa yang Anda lihat. Apa yang sedang terjadi di sekitar Anda, apa yang bisa Anda lihat, dengar, dan rasakan, yang membuat tulisan Anda mudah dan mengalir? Tulislah semuanya itu, kemudian rencanakan bagaimana Anda dapat menangkap kembali elemen-elemen itu.

2.    Kumpulkan semua bukti.

Ketika kepercayaan diri Anda rendah, mudah sekali untuk percaya bahwa Anda tidak pernah menulis sesuatu yang bernilai atau menarik. Tetapi jauh di dalam hati, Anda tahu bahwa bukan itu masalahnya. Inilah saatnya untuk mengumpulkan beberapa bukti untuk mendukungnya. Lihatlah kembali beberapa karya Anda yang lalu yang paling Anda banggakan. Tak lama kemudian, Anda akan menyadari betapa banyak Anda telah menulis dan betapa senangnya Anda melihat karya-karya Anda.

3.    Tulislah tanpa mengharapkan apa-apa.

Ironisnya, ketika kepercayaan diri Anda rendah, harapan-harapan Anda meningkat dan Anda merasa setiap hal yang Anda tulis harus menjadi suatu karya sastra yang agung. Hilangkan tekanan, menulislah untuk suatu kesenangan, dan lihatlah ke mana tulisan itu membawa Anda. Jangan melihat "produk" jadinya, menulislah untuk menikmati petualangannya.

4.    Tulislah sesuatu yang berbeda.

Bila sesuatu tidak berjalan sesuai dengan apa yang Anda inginkan, maka suatu perubahan harus dilakukan. Cobalah menulis sesuatu yang benar-benar berbeda dari apa yang akhir-akhir ini Anda kerjakan, mungkin sesuatu yang berbeda dari apapun yang pernah Anda tulis sebelumnya. Karena Anda tidak terpatok oleh standar tulisan Anda yang terdahulu, maka Anda akan dapat menulis lebih bebas dan lebih percaya diri.


5.    Mulailah dengan hal kecil kemudian kembangkan.

Bila kepercayaan diri Anda goyah, hal terakhir yang perlu Anda coba adalah menulis suatu novel epik trilogi untuk menyaingi segala tulisan-tulisan lain pada abad terakhir ini. Mulailah dengan hal kecil, tujuannya hanya agar Anda menulis sekreatif mungkin selama 15 menit setiap hari selama 14 hari. Setiap hari, Anda bisa meneruskan tulisan Anda sebelumnya, atau mulai menulis sesuatu yang lain. Yang penting adalah mempertahankan kebiasaan menulis setiap hari tersebut, yang akan membantu Anda untuk terus membangun kepercayaan diri Anda.

Gunakan salah satu teknik ini untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menulis.
Ketika Anda melihat beberapa efek positif, terapkanlah teknik lain dan lihatlah apa dampaknya. Dalam beberapa hari, Anda akan melihat bagaimana kepercayaan diri Anda dalam menulis mulai kembali lagi.

Tips Menulis Efektif

Menulis adalah salah satu kegiatan yang sangat menakjubkan. Dengan menulis, kita bisa menuangkan ide atau gagasan yang ada di pikiran kita, menuangkan isi hati kita melalui bahasa tulisan sehingga dapat dibaca dan dipahami orang lain. Dengan menulis, kita bisa mentransfer pengetahuan dan hasil pembelajaran kita kepada orang lain sehingga bermanfaat bagi sesama musafir kehidupan. Menulis juga merupakan media aktualisasi diri.

Namun untuk melakukan kegiatan yang satu ini, tidak semua orang mudah melakukannya. Banyak di antara kita mengalami kesulitan pada waktu pertama kali hendak menulis. Kadang merasa tidak ada ide/gagasan yang mau ditulis, enggan, merasa tidak bisa, takut, atau pikiran negatif lainnya.

Untuk itu, berikut ini saya uraikan beberapa tips yang efektif untuk memermudah proses menulis yang saya dapatkan dari buku "Quantum Learning" dengan tambahan dan perubahan seperlunya.

1.    Mulailah Secepatnya

Apa pun yang akan Anda tulis, mulailah sesegera mungkin untuk menuliskannya, jangan tunggu lama-lama. Jika suatu gagasan datang, segeralah menuliskannya walau Anda sedang enggan untuk menulis. Lain lagi jika Anda merasa kosong dari ide, segera duduklah di depan komputer dan hentakkan jari-jemari Anda di atas papan tekan (keyboard) atau ambillah bolpoin dan selembar kertas, pasti akan ada saja ide atau gagasan yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa segera mulai menulis.

2.    Putarlah Musik

Sambil menulis, putarlah musik kesukaan Anda untuk memerlancar arus ide/gagasan Anda. Belahan otak kiri kita bekerja berdasarkan logika dan otak kanan kita bekerja berdasarkan emosi. Dengan memutar musik, otak kanan kita ikut terstimulasi sehingga bisa menghadirkan unsur emosi pada tulisan yang membuat isi tulisan lebih hidup.

3.    Pilih Waktu yang Paling Sesuai

Di antara kita, ada yang menulis dengan sangat baik pada pagi hari, sementara yang lain bisa lancar menulis di keheningan malam saat orang lain tidur lelap. Ada juga seorang penulis internasional yang aktivitas menulisnya seperti kelelawar, siang untuk istirahat, sedangkan malamnya ia habiskan untuk berkarya. Jadi, tiap pribadi punya waktu tersendiri yang paling efektif untuk menulis. Oleh karena itu, pilihlah waktu Anda yang paling dapat Anda nikmati (enjoy) untuk menulis, yang paling sesuai dengan suasana hati (mood) menulis Anda.

4.    Lakukan Olahraga

Menulis merupakan aktivitas pikiran yang cukup menguras energi. Maka bila otak Anda sudah cukup tegang, segera keluarlah. Lakukan olahraga ringan agar otak mendapat cukup suplai oksigen sehingga pikiran Anda segar kembali.

5.    Pecahkan Menjadi Bagian Kecil

Bila apa yang kita tulis merupakan sebuah proyek besar (seperti menulis sebuah buku, novel, dan sebagainya), maka pecah-pecahlah bagian yang besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Lalu kerjakan satu bagian pada suatu saat. Seperti memecahkan sebuah batu sebesar kerbau, kita tidak mungkin menghantamnya sekaligus. Kita pecahkan satu per satu bagian kecil terlebih dahulu, pasti lama-lama semua akan terpecahkan juga.

6.    Bacalah Apa Saja


Bacalah majalah, koran, novel, cerpen, lirik lagu, puisi, ensiklopedia, buku-buku nonfiksi, peribahasa, komik, atau apa saja. Hal ini dapat menambah wawasan Anda tentang kehidupan, penggunaan bahasa, dan gaya penulisan. Hal serupa juga dikatakan oleh Bapak Ahmad Tohari (penulis trilogi: Ronggeng Dukuh Paruk - Lintang Kemukus Dinihari - Jantera Bianglala) saat saya bersilaturahmi ke rumah beliau. Dikatakan juga, beliau bisa membaca sampai sepuluh novel sebelum menulis sebuah novel. Umumnya, seorang penulis adalah juga seorang pembaca yang "lahap" dan "rakus" (maksudnya dalam hal membaca).

7.    Gunakan Warna-Warna

Pada saat Anda menulis draf kasar tulisan Anda, gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap bagian atau gagasan. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat semua bagian kertas dengan lebih baik. Warna-warna yang menarik akan mengaktifkan kerja otak kanan kita yang imajinatif sehingga kedua belah otak kita bisa bekerja secara kongruen. (sebangun) – (Syaf Anton Wr)


Tulisan Terkait

Asah Literasi 3002861732945308198

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item