Gubernur Jatim Dukung Program INOVASI

Gubenur Jatim, Soekarwo mendukung program Inovasi untuk Anak Indonesia (INOVASI) yang dilaksanakan di Jatim. Program ini penting dilakukan untuk membangun etika dan moralitas anak bangsa, serta membangun sistem pendidikan yang lebih baik.

“Program ini sangat bagus karena membuat anak senang saat belajar di sekolah dengan berbagai inovasi literasi maupun numerasi yang dibuat,” ujar Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim saat membuka Temu Inovasi Pendidikan Dasar Provinsi Jawa Timur di Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, program INOVASI dapat menjadi salah satu strategi dalam menghadapi tantangan bonus demografi yang akan dihadapi Jatim pada tahun 2019.

Melalui praktek-praktek inovatif, siswa pendidikan dasar diajak untuk berperan penting dan unggul dalam pergaulan global.

“Menghadapi tantangan demografi maka sistem pendidikan harus dibenahi mulai dari PAUD, TK, SD hingga universitas, salah satunya lewat program ini,” urai Pakde Karwo.

Ditambahkannya, program INOVASI telah memberikan inspirasi pada beberapa sekolah di Jatim sehingga sistem pembelajarannya menarik dan interaktif.

Dia mencontohkan di SDN Sumbergondo 2 Kota Batu yang selalu meminta siswanya untuk mendeskripsikan apa yang telah mereka tulis.

“Tadi ada juga sekolah yang setiap mau memulai pelajaran mengajak berdoa dulu, jadi ini sangat komprehensif. Bukan saja pendidikan, etika dan moral tapi juga spiritual,” terangnya.

Pakde Karwo berharap, kerjasama program INOVASI di Jatim ini lokasinya bisa terus ditambah tidak hanya di empat area.

Karenanya, pihaknya akan meminta Dinas Pendidikan Jatim dan tim untuk merekomendasikan sejumlah kabupaten/kota sebagai mitra INOVASI.

“Kabupaten/kota yang terpilih nantinya paling tidak memiliki kebijakan yang berpihak pada mutu pembelajaran siswa serta peduli pada anak berkebutuhan khusus,” tukasnya. (sumber:Surya.co.id)

Tulisan Terkait

Kabar Rulis 3555213508453007515

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbitan RULIS

terbitan buku rumah literasi sumenep terbitan buku rumah literasi sumenep

Testimoni

silakan unduh materi literasi

Terbaru


Indek

Memuat…

Kearifan Lokal

Puisi Pihan

Kolom Anak dan Remaja

item