Tujuh Penulis Cilik, Lahirkan “Komala”

Setiap anak lahir ke dunia ini, tentu telah membwa ribuan potensi yang nantinya akan membawa anak menjadi “sesuatu” yang bermakna bagi kehi...


Setiap anak lahir ke dunia ini, tentu telah membwa ribuan potensi yang nantinya akan membawa anak menjadi “sesuatu” yang bermakna bagi kehidupannya maupun bagi pihak-pihak di luarnya.

Dari sejumlah potensi salah satunya akan tampak yang lebih dominan, yang  kemudian disebut “bakat”. Mengapa bakat? Sebagaimana diketahui bahwa bakat merupakan  kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir.

Maka tak heran suatu waktu ditemukan tanda-tanda mempunyai bakat tertentu, yang kemudian menjadi dasar untuk dikembangkannya, sebab sekuat apapun bakat yang diimiliki namun tidak disasah dan dikembangkannya, maka bakat itu akan tenggelam.

Itulah antara lain dibuktikan anak dari SDN Pangaran 1 Kecamatan Kota, Sumenep sebagaimana ditunjukkan dalam bukunya “Komala” yang merupakan antologi cerita rakyat Sumenep. Ada tujuh anak kreatif dalam menulis, yakni Agatha Neysha Anindiar, Zahrotus Syifa, Nayla Tsabita Fittaqiy Dotulong, Fathir Rahman Al Farizi, Zumaira Royan, dan Raihan Maulana Franssisco.

Mereka berusaha menunjukkan bakatnya dalam mengelaburasi daya kreatif dan imajinasinya dalam bentuk cerita, yang diharapkan nanti menjadi pencerahan dalam menangkap “nilai” melalui kepekaan yang terbenam dalam bakat-bakat mereka.



POSTING PILIHAN

Related

Terbitan Buku 7289119814865368722

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item