Juwairiyah Mawardy: Sisakan Waktu Untuk Menulis

Juwairiyah Mawardy RULIS, Sumenep;   Profesi bukan halangan untuk menulis. Apalagi jika profesi tersebut dekat dengan dunia pendidikan ...

Juwairiyah Mawardy
RULIS, Sumenep;  Profesi bukan halangan untuk menulis. Apalagi jika profesi tersebut dekat dengan dunia pendidikan seperti guru. Sebab, menulis dan membaca merupakan aktivitas keseharian tenaga pendidik.
Itulah yang disampaikan Juwairiyah Mawardy saat menyajikan meteri dalam berbagi ilmu dunia kepenulisan dihadapan guru dan mahasiswa, Minggu 4 Maret 2018. 

Acara berbagi ilmu yang diselenggarakan Forum Guru Penulis  Rumah Literasi Sumenep, disajikan  Juwairiyah Mawardy seorang perempuan penulis asala Sumenep. Perempuan kelahiran 25 Juni 1976 itu telah melahirkan banyak karya. Sajak, cerpen, dan esainya sudah dimuat di berbagai media dan buku.

Dalam kesempatan ini, Juwairiyah berbagi beberapa tips bagaimana cara menjadi seorang penulis di tengah aktivitas kesehariannya. Menurut dia, di setiap waktu sengganggnya, dia selalu menyempatkan diri untuk menulis. Selain menulis, Juwairiyah bisa menjalani perannya sebagai seorang ibu rumah tangga, istri, dan guru.

Juwairiyah mengingatkan, aktivitas menulis tidak boleh meninggalkan kewajibannya. Bekerja, menjadi ibu, menjadi istri, harus dilakukan secara seimbang. Seorang penulis harus pintar membagi waktu. ”Sisakan waktu untuk menulis, tapi jangan dipaksa. Kalau bisa, libatkan keluarga juga. Saya selalu meminta pendapat kepada suami saya,” tuturnya.

Juwairiyah mengaku dirinya adalah perempuan keras kepala dalam hal menulis. Bagi dia, menulis adalah hal yang tidak mungkin bisa ditinggalkan meskipun dilarang. ”Selama ini saya selalu mendapat dukungan yang saya perlukan. Tapi kalaupun ada yang melarang, saya akan tetap menulis,” kata dia di depan para peserta.


Ketua Rumah Literasi Sumenep Lilik Rosida Irmawati menjelaskan, kegiatan itu adalah salah satu cara mereka untuk mengembangkan literasi di kalangan para guru. Saat ini sudah lebih dari 20 guru yang tergabung dalam Forum Guru Penulis di bawah naungan Rumah Literasi Sumenep.

Dengan forum tersebut, para guru bisa saling bertukar informasi, saling memberikan masukan kepada sesama anggota mengenai tulisan dan mengadakan kajian. ”Kami mengadakan pelatihan seperti ini rutin setiap dua bulan sekali. Tujuanya, memberikan motivasi kepada para guru untuk menulis, membaca juga pastinya. Karena menulis tanpa membaca sama dengan hambar,” ucapnya. (***)

POSTING PILIHAN

Related

Gupen 4471156038338355724

Posting Komentar

Komentar dan kritik Anda akan memberi semangat pada penulis untuk lebih kreatif lagi.Komentar akan diposting setelah mendapat persetujuan dari admin.Silakan

emo-but-icon

Baru


Indeks

Memuat…

Idola (Indonesia Layak Anak)

Idola  (Indonesia Layak Anak)
Kerjasama Rumah Literasi Sumenep dengan Pro 1 RRI Sumenep

Kolom Aja

 Lihat semua Kolom Aja >

Kearifan Lokal

 Lihat semua Kearifan Lokal >


 

Jadwal Sholat

item